Meja Editor: final WWDC 2022, saat panggung bersiap untuk musim gugur

Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun ini telah berakhir, dan acara tersebut menawarkan sesuatu untuk semua orang — baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras. Mungkin lebih baik lagi, itu telah mengatur meja untuk apa yang mungkin menjadi kejatuhan yang luar biasa, yang bisa menjadi titik peluncuran untuk mungkin sejumlah rekor perangkat baru. Jadi, inilah melihat kembali minggu yang sibuk di dunia Apple!

Perangkat keras WWDC

Apple tidak selalu memperkenalkan perangkat keras baru di WWDC. Tahun ini, bagaimanapun, itu mengungkapkan versi generasi berikutnya dari MacBook Air dan MacBook Pro 13-inci. Yang pertama, Mac terlaris Apple, adalah tempat semua kegembiraan jatuh, yang tidak terduga.

MacBook Air 2022 yang telah lama dikabarkan sangat mirip dengan model MacBook Pro 14 dan 16 inci tahun lalu dan menawarkan fitur serupa, termasuk kembalinya MagSafe 3 dan kamera FaceTime HD 1080p baru. Ini juga memiliki layar yang lebih besar, 13,6 inci. Seperti MacBook Pro 13 inci yang baru, model ini juga merupakan produk Apple pertama yang menyertakan chip M2.

Dengan harga mulai $200 lebih tinggi dari model yang digantikannya, MacBook Air 2022 juga merupakan laptop Apple pertama yang tersedia dalam warna Starlight dan Midnight Blue.

Dan MacBook Pro 13 inci? Selain chip M2 dan lebih banyak pilihan memori, pada dasarnya sama dengan model 2020 yang diganti, hingga menjadi satu-satunya produk Apple dengan Touch Bar.

perangkat lunak WWDC

Mengingat WWDC adalah konferensi berbasis perangkat lunak, tidak mengejutkan siapa pun bahwa pidato utama hari Senin sebagian besar berfokus pada perangkat lunak setelah Anda melewati dua laptop baru dan pengenalan chip M2. Dari iOS 16, iPadOS 16, macOS 13 Ventura, dan watchOS 9, iPadOS 16 yang mungkin membuat percikan terbesar, tetapi dalam beberapa hal, untuk alasan yang salah.

iPadOS 16

Fitur baru terbesar untuk iPad, dan juga Mac berbasis M1, adalah Stage Manager. Menawarkan cara baru untuk mengatur jendela dan aplikasi, fitur ini membawa iPadOS dan macOS semakin dekat, meskipun tidak sebanyak rumor pra-WWDC yang disarankan.

Di luar Stage Manager, iPadOS 16 menawarkan daftar fitur baru dan tak terduga yang bagus seperti mode Fokus yang ditingkatkan, Teks Langsung, Pencarian Visual, dan pembaruan signifikan untuk Spotlight dan Siri.

Sayangnya untuk pengguna iPad, tidak semua fitur iPadOS 16 akan hadir di setiap iPad yang didukung. Sebagai gantinya, beberapa eksklusif untuk model iPad Pro (versi 2021, bukan model 2020) atau iPad Air tahun ini (tetapi bukan iPad mini tahun lalu). Berita ini tidak berjalan dengan baik, terutama dengan Luke Filipowicz dari iMore.

Tapi setidaknya semua iPad yang didukung mendapatkan aplikasi Weather asli!

iOS 16

Sebagai perubahan, iOS bukanlah bintang utama WWDC tahun ini, karena iOS 16 sebagian besar berfokus pada peningkatan perangkat lunak. Namun, beberapa fitur baru yang menjanjikan diumumkan, termasuk wallpaper baru dan kontrol notifikasi. Christine Chan menyebut iOS 16 sebagai pembaruan iOS terbesar sejak iOS 14.

macOS 13 Ventura

Ketukan harian saya, macOS menerima beberapa pembaruan dan fitur baru yang hebat di macOS 13 Ventura. Selain Stage Manager (fitur baru favorit saya), saya juga senang dengan Continuity Camera, Passkeys, dan banyak lagi.

menonton OS 9

Cupertino menambahkan peningkatan besar pada alat kebugaran dan kesehatan Apple Watch di watchOS 9 yang seharusnya membuat pelari dan pengguna sehari-hari senang. Ini termasuk metrik yang diperluas, peningkatan olahraga, pembaruan Fitness+, dan riwayat AFib. Ada juga tahapan tidur di aplikasi Tidur, aplikasi Obat-obatan, dan putaran lain dari tampilan jam baru.

tvOS 16

Untuk pertama kalinya dalam sejarah tvOS, Apple gagal menyebutkan software untuk Apple TV di WWDC. Apa artinya ini bagi perangkat hiburan (dan aplikasi) tidak diketahui. Kelalaian itu bisa berarti perusahaan memiliki pengumuman besar yang belum datang dan memutuskan untuk menunggu sampai musim gugur (dan peluncuran perangkat baru?) untuk membuatnya. Atau mungkin tidak ada direncanakan untuk Apple TV tahun ini.

Melihat ke depan

Desas-desus sebelum dan sesudah WWDC menunjukkan bahwa Apple dapat menyiapkan banyak pengumuman perangkat keras baru untuk musim gugur. Berdasarkan rumor dan apa yang biasanya terjadi setiap musim gugur, inilah yang akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang:

  • Empat handset seri iPhone 14 baru
  • iPad reguler generasi berikutnya
  • Apple Watch Series 8, SE 2, edisi Explorer
  • Dua model iPad Pro baru pada tahun 2022; versi yang lebih besar ditambahkan pada awal 2023
  • Pembaruan untuk model MacBook Pro 14 dan 26 inci
  • Mac Pro berbasis silikon Apple
  • AirPods Baru (AirPods 4, AirPods Pro 2, AirPods Max 2)
  • Gerakan di bagian depan HomePod
  • Setidaknya pratinjau headset VR Apple yang telah lama dikabarkan
  • Segarkan untuk iMac mini, mungkin iMac (Pro?)
  • Apple TV lebih murah? Tongkat Apple TV?

Ini bisa menjadi beberapa bulan yang sibuk, bukan?

Pikiran akhir WWDC

Rekap acara Apple dan mengidentifikasi pro dan kontra mereka adalah latihan subjektif. Apapun, berikut adalah pengumuman dan momen WWDC favorit saya untuk tahun 2022:

Favorit saya

Meskipun saya masih kesal Apple belum menghidupkan kembali nama “MacBook” tunggal untuk laptop, kesuksesan dan fokus yang berkelanjutan pada Macbook Air terus mengesankan. Model tahun ini, dengan dua pilihan warna baru, chip M1, MagSafe, dan banyak lagi, tidak diragukan lagi akan membuat MacBook Air tetap berada di urutan teratas daftar Mac terbaik kami di pasar. Plus, meskipun kontroversi mengecualikan iPad tertentu dari semua fungsinya, iPadOS 16 masih merupakan langkah maju yang signifikan untuk sistem operasi yang terkadang difitnah. Prediksi: Model iPad Pro 2022 akan menghapus sebagian besar kritik.

jam apel sudah menjadi jam tangan pintar terlaris di dunia, dan masuk akal bagi Apple untuk mengambil cuti satu tahun dalam hal peningkatan perangkat lunak. Namun, bukan itu yang terjadi di WWDC. Sebaliknya, pembaruan watchOS 9 adalah yang menarik dan harus membawa lebih banyak orang ke orbit Apple Watch.

Akhirnya, saya ingin tahu apa itu Apple Craig Federighi makan sebelum keynote ini, direkam dan lainnya. Dia adalah pemain sandiwara yang memancarkan kegembiraan yang tidak pernah diduplikasi oleh orang lain di atas panggung. Bagus sekali.

“ugh” yang besar

2020 MacBook Pro 13 inci adalah perangkat silikon Apple pertama di rumah saya dan yang akan saya ingat dengan baik. Namun, faktor bentuknya yang berkelanjutan tidak memiliki tempat di jajaran MacBook pada tahun 2022, terutama dengan MacBook Air yang jauh lebih populer (dan sekarang dengan tampilan yang lebih besar!). Pasokan yang berlebihan adalah alasan terbaik mengapa Apple mempertahankan MacBook Pro 13 inci untuk generasi berikutnya. Mungkin memiliki terlalu banyak Touch Bar dan bagian lain yang eksklusif untuk model itu. Jadi kemungkinan besar, terlepas dari pembaruan, MacBook Pro 13 inci seperti yang kita tahu akan diam-diam dipensiunkan pada tahun 2023 ketika model Pro yang lebih besar (dan mungkin lebih kecil) tiba.

Akhirnya, sangat disayangkan Apple bahkan tidak bisa menyebutkan tvOS selama keynote WWDC. Tentu, sisi streaming bisnis tidak sesuai untuk konferensi pengembang. Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang game. Meskipun mendapatkan judul baru yang hebat setiap minggu, layanan Arcade premium Apple tampaknya tidak mendapat banyak perhatian oleh Apple, dan itu memalukan. Mungkin sudah waktunya bagi Apple untuk mengadakan acara media khusus Apple TV setiap tahun, menyoroti ke mana arahnya dengan Apple TV+ dan Apple Arcade. Di mana cintanya, Apple?

Apa momen favorit Anda di WWDC? Apa yang tidak Anda sukai?

Terima kasih sudah membaca,

Bryan